Manfaat daun saga

terapi kesehatan herbal
daun saga
Daun saga yang umumnya digunakan buat obat adalah daun yang berasal dari tanaman saga merambat atau di kenal saga rambat/saga telik (Abrus precatorius). Terapi herbal menggunakan daun saga sering dilakukan oleh orang dan tidak sulit menemukan tumbuhan ini.

Daun saga biasanya tumbuh liar di pekarangan, kebun bahkan di pinggir jalan sekalipun tetapi sekarang sudah mulai jarang menemukan daun saga merambat.

Nama latin tanaman saga telik adalah Abrus Precatorius L. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman saga telik mempunyai nama Rosary Pea, Black-Eyed Susan, Crab's Eyes, dan  Indian Licorice. Ciri-ciri tanaman saga telik ini mempunyai warna biji yang berwarna merah dan sedikit hitam.

Tanaman saga telik bagi sebagian orang bijinya digunakan untuk kerajinan tangan seperti kalung dan gelang karena bijinya mempunyai warna yang indah dan menarik, tetapi jangan sampai dimakan biji nya tang mentah mengandung racun.

Nama daun saga di beberapa daerah, dikenal dengan nama :
Jawa : Saga Telik
Melayu : kenderi
Aceh : Thaga
Sunda : Saga Rambat, Saga Areuy, Saga Leutik
Gorontalo : Walipopo
Bali : Piling-Piling
Gayo : Seugeu
Ambon : Ailalu Pacar
Minangkabau : Saga Ketek

Klasifikasi tanaman saga telik :
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Abrus
Spesies: Abrus precatorius L.

terapi herbal
daun saga rambat
Anatomi Tanaman Saga Telik
Tanaman saga telik ini termasuk tanaman perdu dengan pokok batang yang berukuran kecil, tumbuh merambat pada pohon lain. Tanaman saga telik mempunyai daun majemuk, berbentuk bulat telur dan mempunyai ukuran yang kecil. Daun tanaman saga telik ini daunnya mirip tanaman asam jawa dengan sirip ganjil dan mempunyai rasa yang agak manis.

Bunga tanaman saga telik berwarna ungu muda dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, muncul dalam tandan bunga. Buah tanaman saga telik ini buahnya polong, berisi biji yang berwarna merah dengan sedikit warna hitam yang bertektur licin. Biji tanaman saga telik berbentuk bulat lonjong mirip biji tanaman kedelai. Tanaman saga telik berkembang menggunakan bijinya. Tanaman saga telik ini hidup pada daerah yang mempunyai intesitas sinar matahari dan curah hujan yang cukup. Habitat tanaman saga telik ini berada pada  ketinggian 0-1.000 m dpl.

Bentuk biji saga areuy/rambat kecil berwarna merah dan ada warna hitamnya...ternyata bisa juga bermanfaat sebagai pengusir serangga.dan serbuk biji saga ternyata mengandung senyawa aktif tanin dan taksalbumin.Daya kerja kedua senyawa tersebut itu mirip dengan bisa ular.campuran ekstrak biji saga dengan air dan aseton menjadi racun buat serangga.serangga yang terkena larutan ini langsung end...he...sedangkan campuran serbuk biji saga dengan tepung terigu juga mampu mengusir kutu beras.taburkan campuran serbuk tersebut disekitar tempat penyimpanan beras.Sampai 3 bulan beras anda akan terhindar dari kutu.

Tanaman saga itu ada dua jenis yaitu saga rambat ( areuy) atau nama latinnya Abrus precatorius dan saga pohon Adenanthera pavonina, biji saga pohon lebih besar dari pohon saga rambat dan berwarna merah cerah tanpa bintik hitamnya dan pohonnya biasanya digunakan sebagai bahan bangunan atau mebeul.

Kandungan tanaman saga telik.
Tanaman saga telik mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, saponin, flavonoid, polifenol, polygalacturomic acid, dan pentosan.

terapi herbal
pohon dan biji saga


Manfaat daun saga telik sangat banyak , seperti :

Manfaat untuk meningkatkan nafsu makan
Punya masalah sama nafsu makan? Atau sedang dalam program mencapai berat badan ideal? Daun Saga mengandung vitamin B yang berguna dalam meningkatkan nafsu makan anda. Cobalah memasak nasi dengan memasukkan beberapa helai daun saga saat nasi benar-benar matang. Diamkan nasi beserta daun saga selama sekitar 10 menit, kemudian gunakan daun saga tersebut sebagai pelengkap hidangan.

Manfaat untuk menghaluskan kulit
Kulit yang halus mulus tanpa noda dan jerawat adalah dambaan setiap wanita. Sementara kita setiap hari dikelilingi polusi, serta stress yang melanda membuat radikal bebas mudah diserap oleh kulit hingga membuatnya tidak sehat. Untuk mengatasinya, cobalah manfaatkan khasiat alami daun saga. Karena dalam daun saga mengandung glisirizin, vitamin A dan C serta senyawa flavanoid yang aktif sebagai antioksidan saat bermanfaat untuk menghasilkan kulit halus.

Manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh
Cantik tidak hanya berarti penampilan yang menarik namun juga tubuh yang sehat. Seperti yang kita tahu bahwa daun saga sangat efektif meredakan berbagai penyakit, serta membantu mempercantik kulit, rambut dan wajah. Bahkan daun saga juga mampu membantu kesehatan jantung anda bila dikonsumsi secara rutin. Banyaknya khasiat yang dimiliki tumbuhan ini tak lain karena kandungan vitamin serta senyawa aktif yang ada di dalamnya. Konsumsilah air rebusan daun saga secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan anda dan menangkal berbagai senyawa polutan yang membawa penyakit dalam tubuh.

Manfaat untuk mengobati batuk kering
Menderita batuk kering atau batuk tidak berdahak juga penyakit yang bisa jadi cukup mengganggu. Memang banyak obat batuk khusus untuk batuk kering, tapi kebanyakan dari obat-obat itu bisa menimbulkan kantuk dan tentunya akan semakin menghalangi rutinitas.
Tak ada salahnya mencoba resep alami obat batuk kering dengan tiga bahan yaitu: daun saga, daun asam dan kayu manis. Caranya, ambil beberapa helai daun saga dan daun asam secukupnya kemudian cuci sampai bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan sepotong kayu manis sampai mendidih. Minum air rebusan ketiga bahan tersebut sebanyak 2 kali sehari dengan takaran 1/2 gelas sekali minum untuk mengobati batuk kering.

Manfaat untuk mengobati sariawan
Sakit sariawan memang tidak tergolong penyakit yang berbahaya, tapi jelas sariawan adalah penyakit yang cukup menyebalkan. Sariawan atau yang dalam dunia kedokteran disebut stomatitis adalah radang pada selaput mulut bagian dalam yang menyebabkan bercak luka cekung berwarna putih yang rasanya luar biasa perih. 

Rasa perih inilah yang menyebalkan karena membuat penderitanya biasanya susah bicara atau mengunyah makanan. Daun saga terkenal ampuh meredakan sariawan jika dikonsumsi dengan benar dan teratur. Caranya, ambil beberapa helai daun saga lalu jemur hingga layu. Kunyah langsung daun saga tanpa ditelan. Jangan khawatir daun saga aman dikonsumsi dan rasanya pun manis. Selain itu ada cara kedua yaitu membuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga. Rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusannya untuk berkumur 2-3 kali sehari.

Manfaat untuk meredakan radang amandel
Merasakan radang amandel adalah pembengkakan amandel/tonsil yang berada di kerongkongan karena kuman atau virus. Biasanya penyakit ini menyerang anak-anak, namun bisa juga dialami oleh orang dewasa. Gejalanya diawali dengan demam, panas tinggi, batuk & flu, sakit tenggorokan serta pembengkakan pada amandel. 

Untuk meredakannya, kali ini kita bisa memanfaatkan akar daun saga. Caranya, ambil dan cuci akar saga secukupnya. Kemudian rebus dengan 5 gelas air bersama satu potong kayu manis dan gula batu secukupnya sampai mendidih. Ketika air sudah berkurang setengahnya saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore.

Manfaat untuk mengatasi peradangan mata
Mata yang menderita radang mata biasanya ditandai dengan rasa gatal, pedih dan pegal di area mata kemudian disusul dengan pembengkakan. Daun saga juga dikenal efektif untuk mengatasi peradangan mata. Caranya sangat sederhana: ambil beberapa helai daun saga secukupnya dan giling hingga halus. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan beruap. Kumpulkan uapnya dan gunakan sebagai obat tetes mata

Manfaat untuk meredakan panas dalam
Kelemahan badan kita salah satu tanda panas dalam adalah sariawan, tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah. Berhubung di atas tadi sudah dijelaskan bahwa daun saga dipercaya ampuh meredakan sariawan, sekarang kita akan mempraktekkan cara meredakan panas dalam dengan rebusan daun saga. Ambil kira-kira 10-15 tangkai daun saga, lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan air hanya tersisa setengahnya. Tunggu hingga mendingin lalu saring dan minum secara teratur 1 kali sehari untuk meredakan panas dalam.

Manfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi.
Menderita hipertensi bisa menggunakan daun saga juga diketahui sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi seseorang. Siapkan bahan-bahannya yaitu: 10 helai daun saga rambat, daun selamagi, daun kejibeling, daun pegagan dan buah waluh putih. Potong-potong buah waluh putih menjadi ukuran yang lebih kecil, masukkan empat gelas air dan rebus semua bahan yang telah disiapkan hingga air hanya tersisa sekitar 2 gelas saja. Minum dan ulangi jika perlu hingga tekanan darah anda benar-benar menurun.

Manfaat untuk menjaga kesehatan jantung
Jantung yang bermasalah sering mengalami jantung berdebar disertai keringat dingin yang mengucur deras? Anda mungkin bisa mencoba terapi kesehatan jantung dengan daun saga. Gejala-gejala gangguan jantung yang anda alami tersebut akan berangsur-angsur hilang. Resepnya adalah: 8 gram daun saga, 10 gram daun sembung dan 5 gram kencur. Rebus ketiga bahan dengan 400 ml air menggunakan api sedang sampai mendidih. Dinginkan dan saring airnya, kemudian minumlah secara rutin untuk jantung yang lebih sehat.

Manfaat untuk mengobati penyakit bronchitis
Untuk pernafasan penyakit bronchitis biasanya disebabkan oleh asap polusi, debu dan asap rokok. Penderitanya akan sering mengalami batuk-batuk disertai dahak berwarna kemerahan serta sesak nafas terutama setelah melakukan aktivitas berat. Rebusan daun saga segar adalah obat alami untuk menyembuhkan sakit bronchitis. Caranya adalah dengan merebus 15 helai daun saga segar yang baru dipetik dari pohon dengan 500 ml air. Rebus hingga airnya hanya tersisa sekitar 250 ml saja. Cukup minum air rebusan ini 1 kali sehari.

Manfaat untuk menyuburkan rambut
Rambut juga butuh nutrisi dan siapa yang tidak ingin punya rambut sehat, rambut yang sehat serta subur adalah penyempurna penampilan cantik anda. Salah satu khasiat daun saga adalah membantu menyehatkan rambut dan mencegah kebotakan dini.
Caranya adalah dengan membuat pasta rambut untuk dioleskan secara rutin pada rambut dan kulit kepala anda. Pertama, siapkan daun saga dan biji saga secukupnya lalu tumbuk hingga halus. Awas jangan sampai tertelan karena bijinya mengandung racun. Seduh dengan air panas sedikit-sedikit hingga mengental dan menjadi bubur. Oleskan ke seluruh rambut, diamkan selama sekitar 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Jika digunakan secara rutin rambut anda juga akan menjadi lurus dan berkilau.

Manfaat untuk mengobati sakit kuning
Menderita sakit kuning ini memiliki ciri fisik yang paling kentara yaitu tubuh penderitanya (terutama kulit dan mata) akan menguning. Hal ini disebabkan kegagalan fungsi hati dalam memproses sel darah merah. Akibatnya terjadi penumpukan zat bilirubin di dalam darah, zat memiliki warna kekuningan. Inilah yang membuat penderita sakit kuning mengalami perubahan warna kulit menjadi kekuningan.
Ada obat alami yang ampuh untuk meredakan penyakit kuning ini, yaitu olahan daun saga rebus. Siapkan beberapa helai daun saga, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas. Setelah itu saring air hasil rebusan tersebut dan minum di pagi dan sore hari. Kandungan glukosa dalam daun saga akan memberikan nutrisi tambahan untuk menormalkan kembali fungsi hati.

Manfaat untuk menjaga kelembaban kulit
Daun saga mengandung enyawa glisirizin (gliserin) alami. Senyawa ini terkandung dalam sabun kulit yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Sifat dari senyawa gliserin adalah menyerap kadar air hingga kelembaban kulit kita akan terjaga. Karena kandungannya tersebut daun saga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kelembaban kulit dengan pengobatan luar (masker) dan pengobatan dalam (dengan rebusan air daun saga).

Manfaat untuk mencegah penuaan dini
Dalam riset yang dilakukan para akademisi dari University of Vienna, daun saga diketahui mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa antioksidan ini memiliki banyak khasiat bagi kecantikan, diantaranya: menangkal radikal bebas, anti inflamasi untuk mencegah peradangan serta memperlambat proses penuaan. Konsumsi daun saga yang paling aman dan banyak digunakan sebagai antioksidan adalah dengan cara merebusnya memakai 1/2 liter air sampai mendidih untuk diminum secara teratur.

Daun saga boleh juga di gunakan untuk hewan peliharaan seperti burung pemakan biji, buah atau daun yang meningkatkan daya tahan tubuh hewan peliharaan burung kicau. Daun saga yang di berikan ke burung adalah daun saga rambat/telik dan jangan diberikan biji saga mentah karena mengandung racun di biji saga tersebut.

terapi burung lovebird
Burung lovebird dan daun saga

Daun saga sangat bermanfaat untuk mahkluk hidup bisa buat manusia dan hewan sekitarnya, misalkan burung lovebird dan kenari.

terapi kesehatan
Burung kenari dan saga

Manfaat daun saga memang sudah terbukti dan sangat bermanfaat untuk terapi kesehatan herbal dengan memanfaatkan tumbuhan herbal di sekitar kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat daun saga"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel